Content

Fotogenik

Selasa, 22 Januari 2013
  1. Memahami bahwa menjadi fotogenik mengacu pada kemampuan tampil sangat menarik di foto. [1] Adalah penting untuk memahami bahwa menjadi cantik alami atau mencolok tidak selalu menerjemahkan untuk menjadi fotogenik di foto. Menjadi fotogenik adalah tentang kesadaran bagaimana menempatkan diri terbaik Anda ke depan, dan mengetahui bagaimana mengekspresikan karisma Anda untuk kamera. Ini adalah teknik yang dipelajari, termasuk menerapkan pengetahuan Anda tentang latar belakang terbaik, pencahayaan, dan positioning untuk foto yang baik. Bahkan, itu tidak biasa untuk "Miss Photogenic" untuk menjadi orang yang berbeda dari "Beauty Ms Ratu" dalam kontes kecantikan karena subjek fotogenik telah belajar bagaimana bekerja kamera terbaik. [2]

    Korean Wedding Photo

    Unique Pre-wedding photo in Korea, Indonesia 1st Promotion in Jakarta
    www.facebook.com/idowed
    • Bertujuan untuk mempelajari teknik-teknik berikut sehingga mereka menjadi sifat kedua dan Anda berhenti menjadi sadar menggunakan mereka dan hanya "melakukannya".
    • Semakin banyak peluang Anda harus berlatih di depan kamera, semakin baik.
    • Sifat dua dimensi dari foto menyebabkan kita kehilangan persepsi kedalaman, bagi sebagian orang, ini juga kehilangan apa yang membuat Anda menarik di kehidupan nyata.
  2. 2
    Fokus pada apa yang Anda kenakan. Bahkan jika Anda tidak sedang difoto, mengetahui cara menampilkan diri dengan cara yang membuat sebagian besar aset Anda adalah penting. Busana gaya dan warna akan mempengaruhi daya tarik fotogenik foto-foto Anda.

    • Pilih pakaian yang tepat. Warna penting untuk foto yang baik. Pola dapat membanjiri Anda, garis-garis horizontal dapat membuat Anda tampil terlalu lebar (aspek dua dimensi sudah melakukan hal ini, jadi jangan menambahnya!), Dan memakai nada tunggal dapat menyebabkan Anda untuk berbaur bersama-sama dan tampil hambar dan terdefinisi. Garis-garis yang sangat-erat-spasi atau pola dapat membuat artefak aneh dalam fotografi digital dan proses fotografi seperti pencetakan. Padatan dan netral bekerja dengan baik.
    • Kenakan pakaian dengan warna yang cocok dengan Anda . Warna tertentu melengkapi warna kulit tertentu, sementara yang lain cenderung untuk membawa keluar yang terburuk. Juga, mempertimbangkan warna rambut Anda. Anda mungkin memiliki yang merasa warna yang Anda lihat di terbaik, tetapi jika tidak, melakukan beberapa penelitian tentang warna yang sesuai dengan kulit Anda dan bekerja itu keluar melalui trial-and-error.
    • Hindari merah, hitam atau putih. Kamera digital dapat memiliki kesulitan dengan warna merah, dan sekarang hitam dan putih terlalu banyak dengan cara kontras. [3]
    • Catatan: ini hanya berlaku untuk kamera set pada mode "auto". Sebuah kamera dalam mode auto tidak berpikir untuk orang patah tembakan. Fotografer profesional Anda tahu kamera nya dan memiliki (mudah-mudahan) telah dilatih untuk secara manual membuat kulit putih yang sempurna, kulit hitam dan merah, dan tidak akan memiliki masalah menembak setiap warna yang Anda pilih - hanya memeriksa pertama untuk memastikan fotografer Anda benar-benar set apa yang disebut yang "white balance" secara manual.
  3. 3
    Pikiran kulit Anda dan perawatan. Ada banyak yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki apa yang alam telah berbakat dengan Anda dengan cara penampilan. Memperbaiki kesalahan kulit umum adalah penting untuk foto.

    • Menyembunyikan cacat. Hal yang buruk tentang foto-foto adalah bahwa karena mereka hanya gambar beku satu sudut dalam sekejap pada waktunya, mereka tidak dapat menunjukkan semua atribut yang baik Anda. Hal yang baik tentang mereka adalah bahwa Anda dengan mudah dapat menyembunyikan fitur tertentu yang tidak Anda sukai. Hati-hati dengan nada makeup: warna riasan tampak lebih intens dalam foto. Ada prinsip-prinsip khusus dan teknik untuk pemodelan foto yang berbeda dari orang-orang untuk mencari baik secara pribadi (meskipun mereka mungkin akan terlihat hanya berlebihan, tidak aneh, secara pribadi), belajar dan menggunakannya untuk aplikasi kritis. [4]
    • Jauhkan bersinar ke bawah. Hal ini sangat penting untuk menjaga bersinar turun di zona T-pernah-merepotkan - bagian atas hidung dan dahi Anda. Sementara ini terutama penting di hari yang hangat, bahkan paling keren di antara kita mungkin mendapatkan sedikit berkeringat ketika berhadapan dengan lensa kamera.
    • Gunakan make-up untuk menutupi kulit kemerahan , yang akan menonjol dalam foto.
    • Sebuah foto (selain stereogram) tidak benar-benar merekam bentuk apa pun kecuali daun itu harus sadar disimpulkan dari pola cahaya dan bayangan. Shading dengan makeup (ada panduan untuk ini) dapat membuat bahkan wajah aneh cacat terlihat konvensional indah jadi selama itu adalah tidak benar-benar bertentangan dengan cahaya dan bayangan yang sebenarnya (idealnya, menggunakan cahaya tersebar yang tidak membuat bayangan sendiri didefinisikan , dalam foto kasual dan penampilan sehari-hari biasanya Anda akan terlihat baik-baik saja).
    • Gunakan tetes mata untuk menghapus kemerahan di mata Anda. Menatap sumber cahaya untuk beberapa saat akan mengurangi ukuran pupil dan mengurangi kemungkinan mata merah (jangan menatap langsung ke matahari sekalipun!). Jika beberapa persiapan yang terlibat dalam proses pengambilan gambar, namun, yang terbaik adalah tidak mengandalkan flash, terutama pada-flash kamera, dan murid besar umumnya dianggap lebih menarik.
    • Sikat rambut Anda ke tempatnya. Rambut keriting atau longgar dapat muncul berantakan. Di sisi lain, rambut tidak harus jelas - tidak licin turun tipis terhadap tengkorak dan kemudian di belakang leher ekor kuda.
  4. 4
    Menjaga wajah Anda dalam keseimbangan. Lihatlah wajah Anda di cermin. Itu tidak benar-benar wajah yang menunjukkan dalam foto Anda. Sekarang menatap refleksi Anda sendiri. Setelah beberapa waktu wajah Anda akan mencapai "normal" nya penampilan, "keseimbangan" wajah Anda. Sekarang menonaktifkan daerah mata Anda dan mengaktifkan wilayah bibir Anda. Jangan kepalkan gigi, pastikan bahwa geraham atas dan bawah rahang Anda menyentuh satu sama lain. Jika Anda tersenyum dengan mulut Anda terbuka, jangan biarkan bibir atas Anda mengekspos banyak gusi Anda, atau biarkan penutup bibir bawah Anda jauh di atas bagian bawah gigi bagian atas.

    • Selalu tersenyum jika kulit Anda gelap atau membosankan, Anda harus tersenyum sedikit satu. Pada saat yang sama, menekankan sudut mata dan menaikkan alis Anda sedikit. Lakukan latihan ini setiap hari sebelum cermin selama beberapa menit. Dalam satu bulan, itu akan menjadi kebiasaan setiap kali seseorang mencoba untuk mengambil foto Anda.
  5. 5
    Bekerja sudut. Pemotretan tidak semua misteri: orang-orang yang difoto untuk hidup sangat menyadari mana sudut dan pose bekerja terbaik bagi mereka, dan mereka memastikan bahwa ini adalah apa yang mereka hadir untuk kamera paling kali. Selain itu, ada "trik model" beberapa yang dapat Anda gunakan untuk keuntungan Anda:

    • Tentukan sudut terbaik Anda. Mencari sudut yang tepat untuk wajah Anda dapat menantang. Percobaan menggunakan kamera digital sehingga Anda melihat hasil setiap pose segera. Ini akan sangat cepat menjadi jelas mana sudut yang paling bagus untuk Anda. Setelah Anda menyadari hal ini, gunakan sudut terbaik sebanyak mungkin di masa depan.
    • Model klasik pose ini untuk mengatur tubuh Anda tiga perempat ke arah kamera dengan satu kaki di depan yang lain dan satu bahu lebih dekat ke kamera daripada yang lain. Perempuan cenderung untuk melakukan hal ini secara alami, tapi lebih sulit untuk pria, yang cenderung untuk menyajikan sudut persegi depan ke kamera. [5] Jika Anda putar kepala Anda sedikit ke samping dan melihat lurus ke depan, Anda akan terlihat memandang lurus di penampil foto tidak peduli sudut pandang (seperti George Washington pada uang kertas satu dolar AS). Sehingga muncul juga seperti model bukan yang terbaik berpose untuk semua orang, bagaimanapun, dan itu bisa terlihat sedikit berlebihan ketika digunakan pada foto keluarga tepat di samping Paman Anda Wilbur.
    • Jika duduk, sedikit sudut sendiri. [6]
    • Cobalah mencari sedikit di atas kamera saat gambar diambil. Jika fotografer berada pada tingkat yang lebih rendah terlihat lebih atau kurang langsung ke depan, bukan pada kamera, sehingga mata Anda tidak sebagian besar tertutup. Jacqueline Kennedy Onassis selalu menggunakan teknik ini untuk foto dan potret. Selain itu, hal ini membantu mengurangi "mata merah" efek.
    • Bersandar sedikit ke arah kamera, ia menambahkan bunga, meningkatkan definisi wajah dan membantu untuk meminimalkan munculnya keriput dan kulit kendur. Hanya menjaga dagu terselip ke bawah. [7]
  6. 6
    Menyingkirkan dagu ganda. Miringkan kepala sedikit dan mencoba untuk memposisikan diri Anda sehingga kamera sedikit di atas, atau, tingkat mata Anda. Ini akan menyembunyikan dagu ganda efektif. Anda juga dapat meletakkan satu tangan di bawah dagu Anda seolah-olah Anda sedang beristirahat kepala Anda di tangan Anda (menjaga sisi ibu jari tangan Anda keluar dari pandangan kamera, jika mungkin). Jangan benar-benar beristirahat berat badan di tangan, bagaimanapun, atau Anda akan mendorong kulit ke posisi yang tidak menarik. Juga, cobalah beristirahat lidah Anda terhadap langit-langit mulut Anda.
  7. 7
    Fokus pada postur tubuh Anda. Hal ini tidak hanya peduli untuk foto tapi postur yang baik setiap hari membuat segalanya lebih mudah dalam hidup, termasuk rasa percaya diri Anda. Postur yang baik dapat secara dramatis meningkatkan penampilan Anda dalam gambar. Duduk atau berdiri tegak akan membuat Anda terlihat lebih sehat dan lebih waspada dan, jika dalam kelompok pengaturan, dan lebih menarik daripada membungkuk teman Anda. Bernapaslah dengan normal dan rileks bahu Anda. Jika Anda biasanya memiliki postur tubuh yang buruk, mungkin sulit untuk berdiri tegak dan tidak terlihat kaku, sehingga praktek ini di cermin, bekerja untuk memperbaiki postur tubuh Anda dalam jangka panjang.

  8. 8
    Tenang. Semakin nyaman dan santai anda muncul, semakin baik foto akan berubah. Banyak orang akhirnya tampak aneh di foto karena mereka membeku menjadi ekspresi wajah aneh dengan tipe "say cheese" dari senyum di wajah mereka. Ketika tersenyum, mencoba tersenyum tertutup mulut santai atau senyum terbuka-mulut dengan bibir bawah dan santai bawah, tidak untuk senyum yang mendapat aneh sempit menuju tengah - praktek di depan cermin Jika Anda terbiasa dengan gambar yang buruk diambil dari diri Anda sendiri, Anda mungkin gugup di depan kamera, dan ini dapat membuat. hal yang lebih buruk. Jika Anda tahu gambar yang akan diambil, ambil napas panjang dan buang napas secara alami, rileks lengan dan bahu. Saat Anda mengeluarkan napas, tersenyum atau mogok apa pun pose yang sesuai.

    • Jangan menahan napas Anda, baik dalam atau keluar, jika tidak, anda akan muncul seolah-olah Anda sedang tegang atau mencekik.
    • Jika Anda melihat foto datang terlambat, jangan panik dan mencoba untuk berpose. Tetap melakukan apa yang Anda lakukan dan mencoba untuk mengabaikan kamera. Ini mungkin tidak berbalik dengan sempurna, tapi Anda punya kesempatan yang lebih baik daripada jika kamera Anda dengan cepat menangkap mencoba mengubah ekspresi wajah Anda.
    • Rileks bibir (mulut) daerah dan tidak punya pikiran mengigau penuh dengan kemuraman. Ini adalah cara alami untuk tampil segar dan menarik dalam foto.
    • Jangan begitu santai bahwa Anda tampak terganggu. Gangguan atau gangguan selalu menunjukkan dalam foto. Santai saja dan gambar Anda akan menjadi sempurna.
  9. 9
    Pikirkan pikiran bahagia . Sebuah senyum, wajar paksa dapat membuat Anda terlihat kaku dan, terus terang, aneh. Ketika orang-orang yang tersenyum dan menunggu foto yang akan bentak, otot-otot wajah mereka dapat terjebak dalam segala macam posisi aneh. Untuk memperbaiki hal ini, cobalah untuk waktu senyum sehingga Anda tidak perlu menahannya terlalu lama. Juga, bayangkan sesuatu yang lucu (jangan takut untuk tertawa sedikit, bahkan) atau berpikir seseorang-Anda pasangan atau anak, misalnya-yang membuat Anda bahagia. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan senyum tulus. Jika Anda tidak suka senyum atau gigi Anda, cobalah tersenyum, lebih pendiam, tertutup-atau sebagian-ditutup-mulut. Terlepas dari bagaimana Anda memilih untuk tersenyum, Anda lebih bahagia dan lebih santai, semakin baik.

    • Tersenyum dengan mata Anda . Tidak ada kebahagiaan proyek dan kecantikan seperti mata tersenyum: ekspresi, bahagia agak nakal mata. Untuk mencapai efek ini, bayangkan bahwa kamera adalah orang yang Anda naksir berjalan ke dalam ruangan. Hal ini akan membuat mata terbuka lebar dan santai, tiga-perempat senyum. Pikirkan menghancurkan Anda atau kekasih, ini akan membuat Anda tersipu malu membuat pipi Anda kemerahan merah. Kemungkinan anda tidak sadar melakukan hal ini sepanjang waktu triknya adalah untuk dapat membawanya keluar pada permintaan, sehingga praktik mata yang tersenyum di depan cermin, dan menciptakan senyum "pemicu".
    • Berpura-puralah sampai Anda berhasil. Orang sering fotogenik karena mereka seperti memiliki foto mereka diambil. Karena itu mereka santai dan bahagia saat kamera muncul. Jika Anda tidak dapat meneguhkan asli cinta kamera, berpura-pura Anda seperti kamera. Bayangkan kamera adalah seseorang yang Anda cintai, teman lama hilang, api tua, anak Anda pada usia tiga, atau apa pun yang Anda perlu melihat kamera penuh kasih. Cobalah - itu benar-benar bekerja.
  10. 10
    Memperbaiki situasi fotografi itu sendiri. Apakah itu lokasi, fotografer, atau setelah foto-keterampilan, ada beberapa hal eksternal Anda dapat mengubah untuk meningkatkan kesempatan Anda untuk tampil fotogenik.

    • Pilih lokasi yang tepat. Jelas jika Anda memiliki gambar Anda diambil berlibur, Anda tidak bisa secara acak memutuskan bahwa Anda ingin memiliki gambar Anda diambil tempat lain sama sekali. Namun, Anda dapat membimbing fotografer Anda ke mana Anda ingin foto yang diambil. Kadang-kadang, yang terbaik untuk memiliki foto yang diambil dengan latar belakang polos tetapi jika Anda sedang berlibur, membuat tunjangan untuk menangkap beberapa pemandangan. Dalam hal ini, cobalah untuk mengambil di luar dengan cahaya alami. Anda secara alami akan tampak berseri-seri dan masih berdiri keluar dari latar belakang yang menakjubkan. Waktu terbaik untuk cahaya yang baik adalah pagi dan sore hari; cahaya keemasan di wajah Anda dapat bekerja keajaiban.
    • Dapatkan fotografer yang lebih baik. (Atau, cari teman yang hobi foto dan membantu dia membuat gambar yang lebih baik.) Fotografer profesional tahu bagaimana untuk membawa keluar keindahan dalam setiap orang. Anda tidak dapat selalu memilih fotografer Anda, tapi kadang-kadang Anda bisa. Jika Anda perlu headshots untuk pemodelan, mendapatkan profesional terbaik yang dapat Anda temukan. Jika Anda akan memasang ditembak layanan kencan online, pilih foto yang baru-baru ini, yang menyanjung Anda, tetapi yang paling penting pilih foto yang benar-benar tampak seperti itu adalah Anda. Sarankan teman fotografer:
      • Gunakan lensa tele atau zoom out, dan bergerak kembali. Hal ini untuk menghindari hidung yang proporsional lebih dekat ke kamera, dan menjadi terlalu diperbesar relatif terhadap seluruh wajah Anda. Ini juga akan membuat latar belakang kurang fokus dan kurang mengganggu. (Untuk menekankan bahwa, memiliki dia menetapkan aperture yang lebih luas jika mungkin.)
      • Optimalkan pencahayaan. Coba isi flash (mengatur lampu kilat pada tingkat lebih lemah dari sumber cahaya utama, seperti sinar matahari) atau beberapa lampu pada daya bervariasi (seperti dengan kilatan budak; jenis khusus yang diperlukan untuk kamera digital yang sering membuat "lemah pra-flash "untuk memeriksa paparan sebelum membuka rana dan menembak pada kekuatan penuh) untuk cahaya lembut tapi bervariasi untuk penampilan bulat menyenangkan bagian wajah. Ada banyak situs web dan buku-buku tentang potret dan pencahayaan busana fotografi. Susunan dasar lampu, tidak biaya, adalah apa yang penting.
      • Gunakan lebih kontras untuk pria (kerutan dan pori-pori sering dianggap menarik atau sulit), kurang untuk wanita.
    • Mintalah fotografer untuk memiliki kamera di tingkat mata atau hanya di atas ketinggian mata. Hal ini memungkinkan untuk foto, paling alami menyanjung. Jika lensa lebih rendah, ditembak Anda menunjukkan risiko dagu ganda.
    • Edit atau meningkatkan foto . Jika Anda sudah mencoba segalanya, tapi Anda masih tidak bisa mendapatkan gambar yang bagus dari diri sendiri dalam lingkungan apapun, cobalah retouching foto digital Anda. Mengubah efek pencahayaan atau efek filter, misalnya, secara dramatis dapat meningkatkan tampilan kulit Anda.
    • Pilih Pencahayaan Side - fotografer tahu trik ini, jadi menyadari hal itu! Indoors mencoba untuk berdiri di mana pencahayaan jatuh pada sisi baik Anda. Outdoors mencoba untuk mendapatkan gambar yang diambil pada pagi atau sore hari, tidak siang. Jangan menghadapi matahari atau mendapatkan backlit olehnya kecuali fotografer meminta Anda untuk. Efek backlit dapat terlihat baik, tetapi Anda tidak bisa mengatakan bagaimana tampilannya, sehingga kepercayaan orang kamera (atau memeriksa kamera digital). Pencahayaan Side membuat fitur semua orang bermunculan baik dari pencahayaan depan. Cobalah untuk berbicara teman-teman dan kerabat untuk mengambil gambar tanpa flash, pencahayaan depan dari flash adalah nomor satu untuk foto keluarga pelaku tidak menarik. Anda dapat menunjukkan ini dengan mengambil foto-foto mereka dengan atau tanpa itu. (Jika mereka tahu lebih banyak daripada rata-rata sekitar kamera, meminta halus "flash mengisi", terutama bagi perempuan, atau "flash bouncing" dengan removable flash mewah).

Sunting Tips

  • Jika mengambil foto Anda sendiri, pada webcam, kamera ponsel, kamera digital atau sesuatu yang lain, hal ini membutuhkan latihan. Anda harus mempelajari sudut yang tepat Anda ingin mengambil itu di, sehingga Anda dapat menggerakkan tangan Anda ke posisi.
  • Selalu bertujuan untuk berdiri atau duduk agak miring ke kamera.
  • Berpura-pura seperti Anda tertawa. Seringkali, ini menciptakan senyum yang mudah alami. Tepat sebelum kamera berkedip, berpura-pura seperti Anda hanya melihat sesuatu yang lucu, atau Anda hanya diberitahu lelucon!
  • Senyum melalui mata Anda, bukan hanya mulut Anda. Ini selalu terlihat aneh ketika seseorang memiliki senyum yang sangat antusias, tapi mata mereka bosan melihat. Cobalah menyipitkan mata Anda hanya sedikit untuk tersenyum lebih menyanjung.
  • Studi gambar model dan fotogenik orang lain. Jika sesuai untuk, percobaan kepribadian Anda dengan meniru pose dan sudut.
  • Jangan melihat kamera, melihat-lihatnya.
  • Ketika dalam satu tembakan kelompok duduk, pastikan kursi ditempatkan sedekat mungkin bersama-sama. Alih-alih bersandar di, duduk tegak dan rileks.
  • Jika itu adalah tembakan full-length, posisi tubuh Anda 45 derajat dari kamera, kemudian putar kepala ke arah lensa. Berdiri dengan satu kaki melintas di depan yang lain dan menaruh semua berat badan Anda pada kaki belakang Anda. Pose ini sangat pelangsing dan universal menyanjung.
  • Memiliki latar belakang yang baik.
  • Berlatihlah tersenyum di depan cermin. Dalam waktu singkat Anda akan tahu mana senyum terlihat palsu dan yang paling menyanjung. Belajar bagaimana bergerak wajah Anda akan membantu ketika seseorang meraih untuk kamera. Senyum menggunakan baris atas Anda gigi: mungkin terasa wajar tapi senyum dengan kedua baris gigi dengan mudah dapat terlihat palsu.
  • Apakah teman-teman dekat Anda melihat gambar-gambar yang telah diambil untuk membantu Anda memastikan ketika Anda melihat yang terbaik. Kadang-kadang, set kedua kritis mata sangat membantu.
  • Orang dengan wajah yang sangat animasi berdiri kesempatan yang lebih baik mendapatkan ditangkap dalam ekspresi aneh sementara. Frame-by-frame video adalah cara yang bagus untuk melihat perbedaan yang signifikan antara fotogenik dan tidak begitu fotogenik.
  • Sementara difoto, cobalah untuk menyimpan semua bagian tubuh sebagai dekat dengan tubuh dan wajah Anda mungkin, sebagai sesuatu yang menonjol secara langsung pada kamera akan tampak besar dalam foto. Satu pengecualian adalah bahwa beberapa wanita sering memegang lengan mereka hanya beberapa inci atau sentimeter dari badan mereka karena menahan mereka terlalu dekat dapat memperburuk tampilan lengan atas lembek.
  • Jika Anda telah kembali kesulitan dan tidak bisa mencapai fisik postur tubuh yang baik, praktik di depan cermin sampai Anda menemukan cara untuk membuatnya terlihat seperti bungkuk menarik. Cobalah bersandar pada sesuatu, putar, membuatnya terlihat alami.
  • Foto Model tidak apa yang anggota keluarga atau teman-teman cari dalam gambar. Jangan berlebihan pemodelan pose.
  • Tiga detik sebelum klik rana, memiliki kepala Anda ke bawah, dan kemudian perlahan-lahan membawa itu. Jangan brengsek kepala Anda, meskipun itu mungkin bekerja. Tersenyum sambil membawa kepala Anda. Ketika gambar diambil, mulut Anda harus berada dalam senyum penuh santai. Dengan cara ini, wajah Anda sepenuhnya santai. Santai mata Anda untuk foto dan merasa santai. Ini mungkin tidak bekerja untuk semua, sehingga percobaan ketika menemukan foto Anda mengambil gaya.
  • Jaga lidahmu di belakang gigi Anda.
  • Foto yang biasa dua dimensi, kehilangan persepsi kedalaman, membuat subjek terlihat lebih lebar. Untuk beberapa individu, hal ini juga membuat subjek terlihat lebih menarik. Menariknya, foto 3D stereo tidak memiliki masalah dengan "photogenicity" karena kedalaman persepsi dipertahankan. Anda akan terlihat besar seperti yang Anda lakukan dalam kehidupan nyata! 

0 komentar:

Posting Komentar